Sejarah
Sejarah - SMKS Satria Nusantara Betung

Tanggal 11 April 2002 merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Banyuasin . Tanggal 11 April 2002 merupakan tanggal berdirinya kabupaten Banyuasin .Sebelum tangal 11 April 2002 kabupaten Banyuasin merupakan bagian dari kabupaten  Musi Banyuasin.

Dengan telah resmi  berpsahnya  kabupaten Banyuasin dari  kabupaten  Musi Banyuasin , maka kabupaten banyuasin yang merupakan SMK belum memiliki SMK Bidang Keahlian Tehnik. Pada tahun 2002 di Kabupaten Banyuasin belum memiliki  SMK Negeri, SMK yang ada di kabupaten  Banyuasin.hanya 2 SMK Swasta. Ketiga SMK swasta tersebut hanya memiliki bidang keahlian Bisnis dan manajemen. Ketiga SMK swasta yang dimaksud yakni ; 1) SMK PGRI Pangkalan Balai, 2) SMK Karya Sembawa dan 3 ) SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai.

Atas dasar tersebut Pengurus Yayasan Widya Satria Nusantara Betung yang pada saat itu di Ketuai oleh Almarhumah Ibu Juminem,S.Ag sepakat untuk mendirikan SMK.dari hasil musyawarah mufakat para pengurus Yayasan maka untuk penamaan SMK di beri nama SMK Satria Nusantara Betung.

SMK Satria Nusantara Betung didirikan pada tangal 1 Januari 2003, Pada awal berdiri SMK Satria Nusantara Betung hanya membuka 1 Kompetensi Keahlian yakni Teknik Otomotif. Pada tahun pertama di buka SMK Satria Nusantara Betung hanya mendapat 42 siswa. Namun pada tahun ke dua SMK Satria Nusantara Betung mendapat kepercayaan masyarakat yang luar biasa , karena siswa yang mendaftar 108 siswa.

Seiring dengan perkembangan kemajuan sekolah atas permintaan masyarakat Betung dan sekitarnya maka pada tahun 2007 SMK Satria Nusanatara Betung membuka Kompetensi Keahlian baru yakni Akutansi dan Keuangan. Dengan dibukanaya Kompetensi Keahlian baru yakni Akutansi dan Keuangan.diharapkan para lulusan dari  SMK Satria Nusantara Betung.dapat mengisi formasi pekerjaan instansi pemerintah maupun instansi swasta yang ada di wilayah Betung dan sekitarnya yang membutuhkan Kompetensi Keahlian Akutansi dan Keuangan.

Dari tahun ke tahun peminat yang akan masuk ke SMK Satria Nusantara Betung semakin meningkat, sehingga pada tahun 2009 di buka kompetensi keahlian baru yakni Tehnik Bisnis Sepeda Motor. Pada Tahun 2012 SMK Satria Nusantara Betung juga Kembali membuka  kompetensi keahlian baru  yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Sedang kompetensi keahlian  Asisten Keperawatan di buka pada tahun 2014. Pada Tahun 2023 SMK Satria Nusantara Betung memiliki 5 ( lima ) kompetensi keahlian / kosentrasi keahlian dengan jumlah siswa 1.076 siswa. Kelima ) kompetensi keahlian / kosentrasi keahlian yang dimiliki SMK Satria Nusantara Betung yakni ; 1 ) Tehnik Kendaraan Ringan, 2 ) Akutansi Keuangan Lembaga, 3 ) Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor, 4 ) Tehnik Komputer dan Jaringan dan 5 ) Asisten Keperawatan.

Tahun 2022 SMK Satria Nusantara Betung oleh Direktorat Pembinaan SMK di tetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan. Kosentrasi Keahlian yang diunggulkan oleh SMK Satria Nusantara Betung yaitu Kosentrasi Keahlian Tehnik Kendaraan Ringan.